PENGARUH KOLEKSI BUKU DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 36 PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara koleksi buku dan pelayanan terhadap mina baca siswa pada perpustakaan SMP Negeri 36 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif karena data penelitian menggunakan angka untuk menyimpulkan hasil penelitian yang dilakukan pada perpustakaan SMP Negeri 36 Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 36 Purworejo yang berjumlah 571 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 58 siswa dengan menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu : regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.
Berdasarkan penelitian oleh penulis akhirnya diperoleh hasil regresi berganda yaitu Y = (-0,416) + 0,639(X1) + 0,306(X2). Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan angka adjusted R Square sebesar 0,131 atau 13,1%. Angka tersebut berarti bahwa sebesar 13,1% minat baca siswa dipengaruhi oleh variabel koleksi buku dan pelayanan. Sedangkan sisanya 86,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian seperti faktor pembawaan, jenis kelamin, tingkat pendidikan, kesehatan, keadaan jiwa dan kebiasaan.
Penelitian ini menunjukkan hasil t tabel sebesar 1,672, t hitung variabel koleksi buku sebesar 1,962 dengan nilai sig 0,055 sehingga H1 diterima. Sedangkan t hitung variabel pelayanan sebesar 1,412 dengan nilai sig 0,163 sehingga H2 ditolak. Uji f menunjukkan angka f tabel 3,158 dengan tingkat keyakinan 0,05 dan f hitung sebesar 5,371 dengan nilai sig 0,007, maka H3 yang menyatakan secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel koleksi buku dan pelayanan terhadap minat baca siswa pada perpustakaan SMP Negeri 36 Purworejo diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Koleksi Buku, Kualitas Pelayanan dan Minat Baca
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prospect : Jurnal Manajemen dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.